BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1 LATAR  BELAKANG

Pada zaman ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berkembang secara pesat dan cepat. Dengan perkembangan yang kian pesat dan cepat tersebut, manusia dapat membuat berbagai macam peralatan dan mengembangkan inovasi baru sebagai alat bantu dalam aktivitas untuk mendukung suatu produktivitas.

 Pengertian jadwal menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah pembagian waktu berdasarkan rencana pengaturan urutan kerja, daftar atau tabel kegiatan atau rencana kegiatan dengan pembagian waktu pelaksanaan yang terperinci. Sedangkan pengertian penjadwalan adalah proses, cara, perbuatan menjadwalkan atau memasukkan ke dalam jadwal.

 Universitas merupakan lembaga ilmiah yang terdiri atas beberapa fakultas yang menyelenggarakan pendidikan dalam sejumlah disiplin ilmu tertentu. Pelaksanaan semua kegiatan di universitas memerlukan banyak tenaga kerja dan waktu jika tidak diatur dengan baik. Pengaturan tersebut tentu saja tidak dibuat secara sembarangan, tapi menggunakan jadwal yang disusun sesuai dengan kebutuhan setiap jurusan.

Dengan pentingnya jadwal bagi suatu sistem kegiatan universitas maka dalam penulisan ilmiah ini akan dibuat aplikasi jadwal kuliah. Pembuatan aplikasi jadwal kuliah tersebut mirip dengan jadwal kuliah yang ada pada BAAK online. Akan  tetapi aplikasi jadwal ini dibuat untuk mobile hanphone.

 

 

1.2 Batasan Masalah

Pada penulisan ilmiah ini masalah yang dibahas adalah masalah mengenai pembuatan  jadwal kuliah seperti BAAK online UNIVERSITAS GUNADARMA. Yang dilakukan pada sistem operasi Android dan berjalan minimal menggunakan sistem operasi Android Froyo (2.2.1).

1.3 Tujuan Penulisan

Tujuan Penulisan Ilmiah inimemberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk melihat jadwal khususnya bagi pengguna mobile handphone.

1.4 Metode Penelitian

Untuk membuat aplikasi dalam penulisan ilmiah ini dibutuhkan data yang di dapat dari berbagai sumber yaitu buku, media internet dan studi lapangan berupa pengumpulan data di UNIVERSITAS GUNADARMA. Dalam pembuatan aplikasi jadwal kuliah ini dibagi dalam beberapa tahap sehingga dapat menampilkan output yang diinginkan. Adapun tahapan dalam pembuatannya adalah perencanaan dan analisis sistem, pembuatan alur data, rancangan database serta tampilan aplikasi, implementasi database, implementasi tampilan aplikasi dan implementasi pemrograman database.

1.5 Sistematika Penulisan

Penulisan ilmiah ini terdiri dari empat bab yang masing-masing memiliki sub bab dan saling terhubung antara yang satu dengan yang lainnya. Yaitu:

BAB I     : Pendahuluan .

                   Bab ini berisi tentang latar belakang masalah,batasan masalah,
                   tujuan masalah,metode penelitian dan juga sistematika yang di
                   sajikan dalam  penulisan.

 

BAB II     : Landasan Teori.
                   Bab ini menjelaskan tentang Android virtual device (AVD),JDK
                   SDK(Software  Development Kit),Eclipse  IDE,ADT(plugins
                   Eclipse),IBM Worklite, dan MySQL yang berhubungan dengan     

                   aplikasi yang akan di buat.             

 

BAB III    : Pembahasan.

                   Bab ini tentang rancangan dan implementasi dari aplikasi yang
                   akan dibuat serta hasil yangakan ditampilkan.                   
              

BAB IV    : Penutup.

                   Bab ini merupakan akhir dari penulisan ilmiah yang berisi
                   kesimpulan tentang materi yang akan disajikan serta sasaran
                   untuk pengembangan aplikasi ini.