Pretest dan postest pengelolaan sistem informasi

pretest

Menurut Anda apa yang akan terjadi jika diakhir Tes Penerimaan ternyata fungsi-fungsi yang ada tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan di awal proyek, jelaskan. 

Jawaban

Jika diakhir tes penerimaan ternyata fungsi-fungsi yang ada tidak sesuai dengan yang dijanjikan diawal proyek maka client dapat membatalkan proyek tersebut atau dapat diajukan beberapa perubahan tergantung kesepakatan kedua belah pihak.

Postest

Terdapat 2 pendekatan yang umum digunakan untuk penerimaan yaitu ‘Parallel Run’ dan ‘Penerimaan sedikit demi sedikit’. Sebutkan kelebihan dan kekurangan masing-masing pendekatan tersebut.

Jawaban

Sistem Paralel/Paralel Run

Pendekatan sistem parallel dilakukan dengan cara mengoperasikan sistem lama dan sistem baru secara bersamaan dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Setiap hasil proses dievaluasi, disambung dan disesuaikan dengan kebutuhan user. Apabila sistem baru telah mencapai tujuan yang telah ditetapkan atau menjadi lebih baik dari sistem lama maka dilakukan penggantian dengan sistem yang baru.

Kelebihan :

–  User dapat melakukan pengecekan data pada sistem lama.

–  Meningkatkan rasa aman bagi user.

Kekurangan :

– Penggunaan resource yang tinggi karena harus menangani sistem lama dan sistem  baru.

– Biaya pengembangan dan konversi sistem yang membengkak.

Daftar Pustaka :

http://www.basilv.com/psd/blog/2006/the-importance-of-maintainable-softwarea

  Penerimaan yang lengkap sedikit demi sedikit

Manfaat dari pendekatan ini adalah dapat mendemonstrasikan semua fungsi yang dijanjikan, dan dapat diketahui siapa yang mengetik ketika masalah terjadi.