Contoh Pidato Pendidikan

Assalamu’alaikum Wr. Wb..

Para hadirin yang saya hormati..

Bangsa yang baik merupakan cerminan kualitas pendidikan yan baik di dalamnya. Pendidikan di Indonesia memerlukan perbaikan kualitas pendidikan untuk menunjang kualitas bangsa kita.Pendidikan merupakan proses yang panjang, dan pada hakekatnya adalah perjalanan yang tiada henti untuk mencapai sebuah tujuan sehingga diperlukan ide-ide dan konsep-konsep baru. yang berarti keberhasilan pendidikan tersebut telah menumbuhkan budaya baru dengan manusia yang cerdas.

Manusia yang cerdas akan mempunyai kebijakan dan kebajikan dalam jiwanya. Kemudian dia akan mampu menguasai sains dan teknologi yang menjadi budaya baru dan kemudian masuk ke dalam tatanan menjadi masyarakat yang akan dipilih oleh bangsa ini. Pendidikan yang tertata rapi, mampu menumbuhkan jiwa yang bijak yang menguasai sains dan teknologi yang akan mengubah bangsa Indonesia menjadi Indonesia baru.

Hadirin sekalian yang berbahagia…

Hal tersebut menjadi masalah utama bagi pendidikan di Indonesia, di tambah dengan persoalan tenaga pendidik yang belum mumpuni, sarana pendidikan yang tidak memadai muncul, dan mahalnya biaya pendidikan di Indonesia. Dalam hal ini, kita masih tertinggal jauh dibandingkan dengan bangsa lain. Oleh karena itu diperlukan cara untuk mencerdaskan bangsa, dengan meningkatkan pendidikan demi menjadikan bangsa yang cerdas melalui sistem pendidikan nasional yang menyeluruh dan berencana.

Memang untuk menuju ke arah tersebut, bukanlah pekerjaan yang mudah dan tanpa hambatan dengan berbagai faktor persoalan pendidikan yang terkait. Peran pendidikan, sebagai sarana pemberdayaan, harus secara sadar menyiapkan peserta didik dalam kehidupan masyarakat baik sebagai individu maupun anggota masyarakat. Diperlukan pendidikan yang mampu menumbuhkan jiwa independen dan pernyataan diri yang menghargai dalam perbedaan.

Besar harapan kita untuk bangsa ini, sehingga kedepannya sistem pendidikan harus berubah dari instruksional menjadi motivasional berprestasi, berkreasi dan berbudi pekerti.

Wasalamu’alaikum Wr. Wb.

Referensi: kutunjuk.blogspot.com/

Advertisements