Pendahuluan

Pada makalah yang saya buat ini,saya akan membahas tentang Pengenalan pada Manajemen Informasi dan Sistem Informasi Berbasis Komputer.Untuk lebih jelasnya saya akan membahas apa definisi manajemen.Manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk menyelesaikan sutu pekerjaan,secara perorangan maupun secara kelompok untuk mencapai tujuan tertentu.Sedangkan informasi adalah satu data yang telah diproses sehingga mempunyai nilai guna bagi masyarakat.Jadi,definisi manajemen informasi tersebut adalah sutu proses yang dilakukan oleh seorang atau secara bersamaan untuk menghasilkan suatu informasi yang berguna bagi masyarakat demi mencapai tujuan tertentu.Kemudian definisi dari system informasi adalah jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan oleh suatu system yang terintegrasi yang bermaksud memberikan informasi secara intern ataupun informasi secara extern dan mennjadikan manajemen sebagai dasar pengambilan keputusan.

Pembahasan
Informasi merupakan sebuah sumber bagi pa ra manager untuk memanajemen suatu organisasinya. Suatu informasi diakatakan bernilai bila benar-benar memberikan kegunaan agar suatu organisasi tersebut mencapai tujuanya.
Informasi dibutuhkan berdasar pada:
1.kegiatan bisnis yang semakin kompleks
2.kemajuan teknologi yang sangat cepat
Contoh:
Sebuah perusahaan makanan cepat saji mempunyai 100 outlet tersebar diseluruh pulau jawa tidak dapat mengamati dan mengawasi unsur fisik (pelayanan,karyawan,pelanggan,dsd) secara langsung. Manajer akan menggunakkan tampilan laporan sebagai informasi untuk mengetahui keberadaan perusahan dan pabrik. Dengan demikian informasi merupakan sumber yang paling penting bagi seorang manajer.

Manajemen Informasi
Manajemen Informasi sebagai sumber mempunyai pola yang sama, dimana tugas manajer pada Manajemen Informasi adalah sebagai berikut;

1.mengumpulkan data mentah lalu memprosesnya menjadi data yang siap digunakan
2.mengusahakan informasi yang diterima adalah tepat untuk mendukung suatu manajemen

Kepentingan Manajemen Informasi

Kebutuhan manajemen informasi disebabkan oleh:

1.perkembangan teknologi yang pesat

Kemapuan mencari informasi dalam hitungan detik menggunakan internet dan juga pabrik pabrik yang sudah menggunakan tenaga robot sebagai pengganti tenaga manusia.

2. kecepatan pengambilan keputusan dalam memecahkan suatu masalah

Misalnya: seorang manajer produksi makanan yang dapat melakukan analisis hasil produksi makannya melalui sebuah Personal Digital Assistan ketika melakukan penerbangan dari luar negri.

Sistem :
Susunan komponen yang saling berhubungan satu sama lain untuk mencapai suatu tujuan

Dalam sebuah sistem :
1. Terdapat kelompok elemen, Sebuah sistem memiliki lebih dari satu elemen. Contoh: kacang kedelai menjadi tempe
2. Elemen terpadu
Semua elemen dari suatu sistem harus mempunyai beberapa hubungan yang logis.
Contoh: motor
3. Maksud bersama untuk mencapai tujuan
Dirancang untuk mencapai satu tujuan atau lebih. Agar semua elemen bekerja untuk mencapai tujuan sistem dan bukan untuk masing elemen tersebut.
Contoh: Pelayanan di suatu kantor

kesimpulan: didalam suatu prusahaan atau satu organisasi diperlukan manajemen informasi untuk memecahkan atau mencari solusi agar suatu perusahaan tersebut mencapai tujuanya.

daftar pustaka: dwiisti-dwiistiyani.blog